Freezing Homemade Babyfood

Tertarik dengan metode frozen untuk baby food setelah membaca tulisannya Citra di blog mpasirumahan. Menurut saya metode ini amatlah praktis, hemat waktu, hemat biaya, dan meminimalisir bahan makanan kebuang percuma karena sudah expired.  

Apalagi buat mommy karyawan seperti saya, yang tiap weekdays harus berangkat pagi sekaleee dan pulang agak malam. Menyerahkan food preparing semuanya sama ART pun kayaknya kurang sreg, mengingat masalah kebersihannya. Takutnya dia lupa cuci tangan or sterilin bahan makanan dan peralatan.

Selain itu dengan  metode frozen food, kita bisa memimalkan bahan makanan menjadi lebih cepat busuk (buah & sayur) dan akhirnya terbuang. Enaknya lagi frozen food tsb bisa kita mix n’ match, dalam sehari bisa menyajikan menu yang berbeda-beda. Untuk itulah saya ngebet pengen belajar membuat frozen baby food.

Banyak tulisan maupun video di youtube yang membahas frozen homemade baby food yang saya pelajari. Baiklah saya akan membuat ringkasannya, buat saya baca-baca esok hari biar gak lupa =P.

Yang perlu diperhatikan dalam metode freezing food, adalah:
1. Penyimpanan dalam freezer mempunyai daya tahan maksimal 3 bulan, tapi saya prefer cukup 1-2 minggu saja “first in first out”. Beli buah yang ukurannya sedang or sayur secukupnya saja.
2. Penyimpanan dalam refrigerator maksimal 48 jam.
3. Siapkan ice cubes (beli yang tertutup buatan Jepang di hypermart @ Rp 27,000), cuci bersih & strerilkan (siram air panas).
4. Masukan puree ke dalam ice cubes (cetakan es batu) dengan sendok. Satu cube puree mempunyai ukuran 1 ons.
5. Simpan ke dalam freezer sampai membeku kemudian pindahkan ke wadah plastik or tempat makan foodgrade mis. tupperware, lock & lock, EZ lock (saya prefer pakai EZ lock berukuran kecil, harganya lebih murah dari lock & lock).
6. Jangan lupa selalu beri label “nama” & “tanggal pembuatan” pada plastik atau wadah frozen food.
7. Saya prefer untuk tidak membekukan kembali frozen puree yang telah dilelehkan.

Referensi : 
Mpasirumahan
Wholesomebabyfood

0 comments:

Posting Komentar