Tips agar bisa ASIX

Tips ini dicopas dari milis Asiforbaby yang saya ikuti. Thanks buat salah satu teman kantor saya, Jeng Febri, yang sudah memperkenalkan milis ini ke saya sehingga saya bisa memberikan Asix ke Baby Audrey.

Tips and Trick ASIX
1. Sebelum dan sesudah menyusui, minumlah salah satu minuman wajib (pada menu) dan segelas air putih.
2. Relaks dan tenangkan pikiran saat menyusui. Atur nafas seperti saat Yoga. Dengan cara ini, mommy bisa LDR (Let Down Reflects) berulang kali saat menyusui.
3. Jaga asupan gizi dan cairan selama menyusui.
4. Mulailah menabung ASIP sedini mungkin (seminggu setelah melahirkan).
5. Gunakan botol kaca sehingga ASIP aman dari bahan berbahaya dan lemak ASIP tidak menempel di dinding botol.

6. Menggunakan metoda pompa KOSONG-SETENGAH saat masih cuti di rumah. Sesaat setelah menyusui bayi, kosongkan payudara yang baru disusui, lalu pompa setengah payudara yg belum disusui.
7. Bila sudah mulai kerja kembali, pompalah ASI minimal setiap 3 jam (semakin sering semakin bagus).
8. ASIP suhu ruangan tahan 6-8 jam. Di kulkas tahan 4-7 hari (tergantung seberapa sering kulkas dibuka). Di freezer kulkas 1 pintu tahan 2 minggu. Di freezer kulkas 2 pintu tahan 1-3 bulan. Di freezer khusus ASIP tahan s.d 6 bulan.
9. ASIP yang dihangatkan menggunakan botol warmer dengan suhu yang konstan tahan 6-8 jam.
10. Bila ASIP ingin dibekukan, masukkan dulu ke dalam kulkas selama 24 jam, baru dibekukan.
11. Bila ASIP ingin dibekukan, jangan mengisi botol kaca terlalu penuh agar botol tidak pecah. Disarankan untuk uji coba kekuatan botol kaca dengan menggunakan air biasa lalu dibekukan sebelum dipergunakan.
12. Jangan menyatukan ASIP yang baru diperah dengan ASIP hari sebelumnya. Berikan tanggal dan waktu kapan ASIP selesai diperah.
13. Management ASIP beku: First-in First-out. Selalu gunakan ASIP dengan tanggal tertua.
14. Bila ASIP beku ingin diberikan pada bayi, keluarkan ASIP di suhu ruangan hingga ASIP mencair sempurna. Setelah itu, gunakan botol warmer untuk mengHANGATkan ASIP pada suhu siap konsumsi bayi (suam2 kuku). JANGAN menggunakan air panas untuk merendam ASIP. JANGAN merebus ASIP.
15. Bila ASIP beku mencair, simpan di kulkas. Segera konsumsi maksimal 4 hari. ASIP yang sudah mencair JANGAN dibekukan lagi.
16. Bila pada dinding botol kaca ada lemak yang menempel, goyang2 botolnya dengan gerakan memutar (seperti mengaduk). JANGAN mengocok botol ASIP.
17. Ketahanan ASIP apakah mudah basi atau tidak bergantung pada kebersihan saat memerah dan kebersihan botol ASIP.
18. Bila ASIP disimpan pada kulkas atau freezer yang bercampur dengan bahan2 makanan/minuman lainnya, masukkan botol ASIP kedalam wadah khusus.
19. Sediakan beberapa blue ice ukuran besar untuk menghindari ASIP basi saat mati listrik.
20. Sebelum memberikan ASIP pada bayi, rasakan ASIPnya dan check suhunya.
21. Gunakan sendok untuk memberikan ASIP dan harus orang lain yg memberikan. Bila terpaksa harus menggunakan dot, gunakan dot saat bayi tidur. Pilih dot yang ujungnya pendek seperti Tommee Tippee.
22. Bila di kantor hanya bisa memerah setiap 4 jam, usahakan setiap 30 mins pergi ke toilet untuk memancing LDR. Caranya dengan memberikan rangsangan pada puting. Saat LDR, tekan/tutup ujung puting dengan jari kita agar ASI tidak menetes. Dengan merangsang LDR, otak akan memerintahkan payudara agar terus memproduksi ASI.





0 comments:

Posting Komentar